Dojo IKKA Menteng Membangun Jiwa Ksatria Sejati melalui Beladiri

Dojo IKKA Menteng Membangun Jiwa Ksatria Sejati melalui Beladiri

Manusia adalah makhluk sosial. Manusia tidak dapat hidup sendirian, akan tetapi berkelompok yang dikenal dengan sebutan masyarakat. Dalam masyarakat ini manusia berinteraksi, berkomunikasi dan bertransaksi untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan yang dapat menopang kelangsungan hidupnya. Selama kebutuhan dan keinginannya terpenuhi dengan baik, kehidupan manusia dalam masyarakat berlangsung dengan harmonis. Sebaliknya, apabila ada kebutuhan dan keinginan tertentu yang tidak terpenuhi dalam realita akan muncul problem tertentu yang dialami manusia di tengah-tengah masyarakat. Problem atau masalah yang tak kunjung mendapat penyelesaian akan mengarah pada tindakan-tindakan yang acapkali disebut sebagai tindakan yang tidak sesuai norma atau adat kebiasaan masyarakat secara umum. Sebagai satu contoh, seseorang ingin kehidupan mewah dengan fasilitas serba ada, akan tetapi tidak terpenuhi karena kemampuannya yang terbatas. Keinginan yang melampaui batas yang tak terkontrol ini seringkali mengarahkannya melakukan tindakan-tindakan negatif seperti mencuri atau merampas milik orang lain yang akan mengakibatkan jatuhnya korban-korban. Korban yang tak mampu melawan atau membela diri akan meninggalkan jejak trauma kekerasan yang tak mudah dihilangkan dari jiwa mentalnya. Inilah kerugian, satu sisi negatif — selain tentunya banyak sisi positif — yang ditimbulkan dari kehidupan sosial masyarakat.

Seribu kawan adalah kurang, satu musuh itu sudah terlalu lebih. Mungkin ini satu pribahasa budaya masyarakat kita yang ingin menggambarkan tentang sedemikian tingginya budaya ramah-tamah masyarakat Indonesia. Budaya kita juga mengajarkan untuk mencari sebanyak-banyaknya kawan dan sahabat, namun janganlah mundur meski selangkah jika suatu kondisi harus bertemu musuh. Inilah jiwa ksatria, warisan budaya adiluhung nenek moyang bangsa Indonesia.

Jiwa ksatria tumbuh dari mental ksatria. Mental yang memegang prinsip berani karena benar dan berbesar hati memohon maaf apabila melakukan kesalahan. Mental ksatria dapat diajarkan, salah satu metodenya dengan mengikuti beladiri seperti karate, silat, judo, dll. Kyokushin Karate adalah aliran karate yang dilahirkan oleh Master Masutatsu Oyama di Jepang — the International Karate Organization Kyokushin Kaikan – I.K.O. Matsushima Group — yang kemudian berkembang menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia dengan label Indonesian Kyokushin Karate Association (IKKA) yang salah satu paling populer dikenal dengan Dojo IKKA Menteng.

Dojo IKKA Menteng berdiri awal tahun 2013 dengan pusat aktivitas di gedung Sekolah Beladiri IITF lantai 3 yang berlokasi di Jl. Batu Tulis Raya no. 27, Pacenongan – Jakarta Pusat. Kemudian, April 2014 aktivitas dipindahkan ke gedung Grand Kebun Sirih Raya, dan terhitung mulai Februari 2015 latihan dipusatkan di Taman Menteng Jl. HOS Cokroaminoto Menteng – Jakarta Pusat. Latihan dan aktivitas karate berlangsung setiap Selasa dan Jumat pukul 19.00-21.00 wib. Dojo ini merupakan bagian dari Indonesian Kyokushin Karate Association yang berafiliasi pada IKO Matsushima Jepang. Dojo IKKA Menteng memiliki website www.kyokushin.or.id yang memuat informasi lebih lengkap tentang Dojo ini.

Dojo IKKA Menteng lahir dari tangan murid Master Oyama, Nardi T. Nirwanto SA, yang belajar langsung dari sang pendiri aliran Kyokushin di Jepang. Master Masutatsu Oyama memberikan gelar tingkat tertinggi DAN V  kepada Nardi saat kejuaraan karate Asia Pasifik tahun 1981, dan memberinya otoritas sebagai Branch Chief dan Chief Instructor Kyokushinkai Karate di Indonesia.

Dojo IKKA Menteng memiliki 6 kelas dengan kurikulum internasional IKKA Matsushima terdiri dari Kyu 10, Kyu 9, Kyu 8/7, Kyu 6/5, Kyu 4/3, dan Kyu2/1 dan 2 kelas DAN terdiri dari SHODAN (1st DAN) dan Ni DAN (2nd DAN). Dojo IKKA Menteng diasuh oleh 2 instruktur yang sekaligus menjadi person in contact lembaga, Bapak Andreas Laratsemi dan Bapak Wisnu Suryadi. Aktivitas latihan Dojo bisa dilihat lebih jauh di IG @dojomenteng. MyCourseLink bekerjasama dengan Dojo IKKA Menteng untuk menfasilitasi kemudahan pendaftaran bagi yang berminat mengikuti kelas beladiri Kyokushin Karate. MyCourseLink adalah aplikasi penghubung kursus yang cepat dan aman, melayani pendaftaran kelas kursus Dojo IKKA Menteng setiap saat 24/7 seminggu, dengan pembayaran debit atau kartu kredit. Download aplikasi MyCourseLink via Playstore, atau kontak whatsapp di 0813 2513 0663 dan email: info@mycourselink.com.